#SIP ARSITEKTUR DAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA


1.   ARSITEKTUR KOMPUTER
a)  Definisi Arsitektur Komputer


Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Menurut Syafrizal (2005) Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
Menurut Alfatta (2007) Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Menurut Munazilin (2017) Arsitektur Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit  operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikanaspek arsitekurnya.
Arsitektur Komputer adalah sebuah ilmu untuk tujuan perancangan sintem kompter. Tujuan seorang arsitek komputer adalah merancang sebuah sistem dengan kinerja yang tinggi dengan biaya yang layak, memenuhi persyaratan-persyaratan lainnya. “Arsitektur Komputer” memberikan berbagai atribut pada sistem komputer yang dibutuhkan oleh seorang perancang software sistem untuk mengembangkan suatu progaram. Model konseptual arsitektur komputer memeberikan informasi sebagai berikut.
Dua bagian utama arsitektur computer :
Terdapat 2 (dua) bagian pokok arsitektur komputer:
·       Instructure Set Architecture, adalah spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
·       Hardware System Architacture yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu CPU, Memori, serta OS.

b)  Kelebihan dan Kekurangan Arsitektur Komputer
      Selain terdapat kaitan antara arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia, arsitektur komputer juga mempunytai kelebihan  dan kelemahan dibandingkan dengan struktur kognisi pada manusia. Solso (2007) menyatakan bahwa walaupum komputer memiliki banyak kelebihan, namun komputer juga memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan kognitif manusia.

1)  Kelebihan Arsitektur Komputer
·      Pada umumnya komputer dapat melakukan operasi matematika dan logika dengan sangat cepat.
·      Komputer dapat menguji model-model kognitif dengan sumber daya ruang dan waktu yang lebih hemat.
·      Dalam waktu yang sama, komputer dapat melakkan ribuan simulasi dan menghasilkan ribuan data dan lain-lain.
2)  Kekurangan Arsitektur Komputer
  • Komputer tidak memiliki  emosi seperti manusia
  • Komputer tidak dapat mealkukan generalisasi
  • Komputer tidak mampu memahami pola-pola kompleks
  • Komputer tidak mampu membuat kesimpulan
  • Manusia lebih unggul dalam hal lainnya.


2.   STRUKTUR KOGNISI MANUSIA

Menurut Abdulkarim (2008) struktur kognitif adalah keseluruhan pengetahuan yang dapat dijadikan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian-kejadian. Sedangkan manusia (Abdulkarim,2005) secara kodrati merupakan monodualistis, artinya selain sebagai makhluk individu, mabusia juga berperan sebagai makhluk sosial.
Struktur kognisi manusia merupakan bagian atau komponen yang terstruktur dalam otak manusia yang memberi pengetahuan berdasarkan sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi yang membentuk suatu kematangan dan pengalaman otak dalam menjalankan kehidupan sosial bagi seorang manusia. Mempunyai struktur yang sangat kompleks.

Ada beberapa aspek yang mempengaruhi struktur kognitif, antara lain yaitu:
1. Berdasarkan kedewasaan dan perkembangan individu
2. Sifat belajar yang lebih bermakna dari pengalaman yang terintegrasi
3. Ketepatan dalam mentransformasi informasi stimulus dan pengalaman melalui fungsi kognisinya.


3.   KAITAN ANTARA ARSITEKTUR KOMPUTER DAN SISTEM KOGNISI MANUSIA

Jadi dapat disimpulkan bahwa struktur kognisi manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu sama yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi, skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir unsur bagian -bagian tubuh manusia yang menjadikan suatu sistem yang kompleks. Sedangkan untuk struktur kognisi arsitektur computer adalah suatu unsur yang saling melengkapi, tetapi tidak sekompleks struktur kognisi dari manusia, karena struktur kognisi arsitektur terdiri hanya dari perangkat keras yang didesain seperti CPU, RAM, Memori, Procesor.
Arsitektur komputer dibuat untuk memudahkan manusia dalam menggunakan komputer. Hal ini terkait dengan proses koginif manusia dalam mengingat informasi. Misalnya tombol save menggunakan gambar disket dimana disket merupakan hardisk tempat menyimpan data dan tombol delete menggunakan gambar tempat sampah dimana tempat sampah merupakan tempat pembuangan apa saja yang sudah tidak digunakan lagi.
Menurut saya : Hubungan diantara Arsitektur Komputer dengan Struktur Kognisi Manusia itu sama, karena mempunyai keunggulan masing-masing. Manusialah yang menciptakan komputer dengan sistem yang menyerupai kognisi manusia dengan maksud mempermudah manusia dalam pekerjaannya. Karena manusia memiliki otak yang melakukan proses memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan, berbahasa yang disebut sebagai kognisi. Komputer membantu manusia dalam mempermudah pekerjaan dalam informasi dan lain-lainnya.



SUMBER :
Syafrizal, M. (2005). Pengantar jaringan komputer. Yogyakarta: Andi Offset
Alfatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Informasi. Yogyakarta: Andi Offset
Munazilin, A.(2017). Arsitektur Komputer. Yogyakarta: DeePublish


Komentar

Postingan Populer