BUDAYA BUANG SAMPAH SEMBARANGAN





Membuang sampah sembarangan di indonesia adalah hal yang dianggap biasa atau wajar. Mengapa? karna tiap sudut jalan, sungai, parit dan lain lain selalu ada sampah, dari yang kecil sampai besar, dari yang plastik hingga kertas, dari yang non organik hingga yang organik. Hal yang dianggap biasa atau wajar ini menjadi suatu kebiasaan yang jelek orang indonesia. Fatalnya sebagian masyarakat indonesia melihat hal tersebut itu bukan suatu hal yang salah.
      Kebiasaan ini terjadi sejak kecil, karna secara tidak sadar kebanyakan orang tua mengajarkan  cara membuang sampah sembarangan kepada anaknya. itu bisa dilihat dari cara orang tua yang seenak membuang sampah disembarang tempat didepan anak nya sendiri. secara tidak langsung si anak melihat orang tua nya membuang sampah sembarangan dan itu membuat anak berpikir kalau buang sampah itu bukan ditempat sampah tapi disembarang tempat. Kurang nya kesadaran orang tua untuk mendidik dan memberikan contoh yang baik kepada si anak, akan menumbuhkan bibit yang jelek untuk si anak. apalagi si anak yang akan tumbuh menjadi generasi penerus bangsa.
        Jika hujan turun lebat lalu banyak sampah yang tertumpuk di sungai, itu akan membuat aliran air sungai tersumbat, diperparah lagi dengan air kiriman dari daerah yang lebih tinggi. itu akan menyebabkan banjir. jika sudah terjadi banjir, kebanyakan masyarakat menyalahkan pemerintah, bukan nya mereka yang sadar akan kebiasaan mereka yang membuang sampah sembarangan. Kurang nya kesadaran ini lah yang membuat masyarakat tidak peduli dengan kebersihan sekitar nya.
       Kebiasaan menjaga kebersihan dan hidup sehat bukan prioritas utama bagi masyarakat indonesia, karna banyak hal yang lebih penting antara lain bagaimana dapat memenuhi kehidupan sehari-hari seperti makanan untuk keluarga dan lain-lain.
Maka dari itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa menjadi teladan bagi sekitar dengan membuang sampah pada tempat nya. Apalagi kita yang mempunyai adik atau keponakan, tanamkan dari sekarang untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya





Komentar

Postingan Populer